Blogger Widgets

Nekomata

Nekomata

Dalam mitologi jepang, banyak youkai yang wujudnya kerap menyerupai binatang. Mulai dari yang menyeramkan seperti nue, hingga yang lucu dan menggemaskan seperti tanuki atau nekomata. Kamu memelihara kucing? Berhati-hatilah, pastikan kucing yang kamu pelihara bukan nekomata.




Data fisik

Jenis kelamin: jantan dan betina
Panjan: seukuran kucing kampung biasa atau bahkan 3 kali lipat lebih besar
Berat: tidak diketahui
Kemampuan khusus: berubah wujud dan sihir
Senjata: cakar dan gigi yang tajam
Habitat: dimanapun tempat kucing dimana






Nekomata merupakan salah satu bake-neko [hantu kucing] yang berari “kucing berekor dua”. Menurut urban legend di jepang, konon ketika kucing memasuki usia 11 tahun dan beratnya mmencapai 1kan [sekitar 8 pon] perlahan ekornya terbelah menjadi 2, bersamaan dengan itu mendadak memiliki kemampuan sihir dan nujum. Saaat itulah ia disebut nekomata. Kisah lainnya menyebutkan youkai ini merupakan spirit dari kucing peliharaan yang mati akibat disiksa majikannya. Tidak seperti youkai yang lain sifatnya senang dan jahil mengganggu siapa saja, nekomata cenderung meneror hanya kepada oran gyg pernah menyiksanya. Kedatangannya lebih bertujuan mengemban misi balas dendam. Ia bias melakukan hal yang lebih sadis dari yang pernah diperbuat majikannya, bahkan mampu memakan majikan hidup-hidup. Tercatat dalam sebuah buku diary bernama meigetsuki yang ditulis pada abad ke-13 oleh seorang bangsawan Kyoto, pernah terjadi seekor nekomata dating menghabisi 7-8 manusia hanya dalam 1 malam. Jika orang yang dituju ternyata sudah meninggal dunia, nekomata akan menhantui keturunan maupun kerabat sang majikan. Youkai ini tidak akan mengganggu orang lain yang tidak ada urusannya. Yang paling di takuti dari nekomata adalah kemampuan mengendalikan orang mati. Hanya dengan mengendalikan ekor dan melangkahi si jenazah, nekomata bisa mengendalikan jasad tersebut menjadi seperti “hidup” dan ia mainkan seperti boneka. Karena itulah, muncul mitos bahwa sangat dilarang membiarkan kucing berada dekat jenazahapalagi sampi melangkahi jenazah. Nekomata dapat berubah wujud menjadi apa saja. Mulai dari kucing biasa, bola api arwah atau bahkan menjadi wanita lengkap dengan kimono [namun tetap tidak bias menyembunyikan ekornya] seperti ysng dilakukan youkai kitsune. Nekomata betina cenderung berubah wujud menjadi wanita tua dengan perawakan yang buruk dan menebar bau tak sedap. Jika baunya terlalu lama akan mengakibatkan penyakit maupun wabah. Nekomata mempunyai kebiasaan yang unik yaitu menjilati minyak lampu. Jaman dahulu, orang jepang biasa menggunakan minyak ikan untuk menyalakan lampu. Karena mengandung protein dan malas berburu tikus, nekomata senang menjilati minyak tersebut. Saat si kucing tengah menggapai lampu yang digantung, yang terlihat dari balik shoji [pintu kertas] adalah siluet kucing yang seakan sedang berdiri 2 kaki dan menari. Itu sebabnya orang jepang menganggap bias berdiri dengan 2 kaki dan menari adalah sebagai cirri-ciri dari nekomata.
Cara mendeteksi keberadaan Nekomata

Nekomata memiliki ciri khas yang tidak dimiliki kucing-kucing biasa.
Diantaranya:
1. tampak memiliki 2 ekor
2. kadang berjalan dengan 2 kaki
3. suka menjilati minyak lampu
4. walaupun wujudnya menyerupai umumnya, nekomata memiliki tubuh yang lebih besar
5. lapar beringas jika mencium darah manusia
6. tiba-tiba bisa berbahasa manusia
7. tampak tengah menari di ruang tamu


Perlindungan

Menghindari terror nekomata sebenarnya sederhana saja:
Jangan pernah menyiksa kucing [termasuk hewan lainnya]. Jika didatangi nekomata, coba kamu ingat-ingat kembali mungkin kamu dulu pernah menyiksa binatang. Begitu juga para pemelihara kucing. Untuk menhindari kucing kesayanganmu berubah menjadi nekomata, disarankan kamu membuat semacam ‘perjanjian’ lisa dengan kucing tersebut. Misalnya dengan mengatakan “aku akan merawatmu hingga 3 tahun kedepan”, dengan demikian, kamu seperti membuat kontrak dengan si kucing. Jika batas wakti telah habis, kucing itu akan mencari majikan baru. Jika kamu terlanjur menyiksa kucing peliharaanmu, segera minta maaf dari lubuk hati yang paling dalam, perlakukan dengan baik dan berlah makanan. Jika kucingmu sudah mati, doakan agar arwahnya tenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar